Selasa, 20 Desember 2016

Mengapa Gas Bumi PGN Itu Berbau Khas?

Gas bumi murni umumnya tidak berwarna, berasa dan berbau. Akan tetapi untuk keperluan komersial, gas bumi ditambahkan sedikit bau yang khas untuk mendeteksi kebocoran yang mungkin terjadi. Ooh ternyata begitu rupanya. Jadi dengan di tambahkan aroma yang khas tersebut sangat mempermudah kita untuk mendeteksi kebocoran agar keamanan penggunaan gas bumi tetap terjaga dengan baik.

nah selain dari bau gas tersebut yang tersebut di atas, perlu juga kita simak 8 Tips Aman Menggunakan Gas Bumi PGN berikut ini:

1. Tutup keran gas jika meninggalkan rumah.
Selain untuk keamanan ini juga untuk penghematan. Seperti air ledeng yang mengalir ke rumah, apa bila keran di biarkan terbuka maka meterannya bisa berputar terus.

2. Periksa pipa dan selang secara rutin.
Di cek secara pipa selang gas yang tersedia. Perhatikan jika terlipat, bocor, atau kondisi selang terlihat rapuh, ada baiknya di ganti segera dengan yang baru. Hal tersebut tentunya aga ke amanan dalam menggunakan gas bumi meningkat ketat. Dengan bahasa beda dapat di katakan lebih baik mencegah di bandingkan harus mengobati.

3. Jauhkan pipa dari instalasi listrik.
kebiasaan kita yang sering kali menempelkan kabel listrik pada jaringan pipa gas ini meningkatkan resiko atau bahaya. Jadi kebiasaan tersebut mesti di ubah segera.

4. Letakkan meteran di lokasi yang terjangkau.
Biasanya meteran di letakan atas saran petugas PGN atau bahkan langsung di kerjakan tim PGN sendiri.

5. Pastikan sirkulasi udara baik.
Pada saat memasak terutama, sebaiknya pintu rumah atau jendela di biarkan terbuka guna sirkulasi keluar masuk udara menjadi lebih leluasa.

6. Letakkan exhaust diatas ruangan.
Saluran pembuangan udara sangat penting. Selain untuk mempermudah pembuangan gas sisa atau karbondioksida yang di hasilkan pada saat memasak, saluran udara buangan juga berpungsi mengurangi kepadatan konsentrasi udara jenuh di dalam ruangan serta mempermudah sirkulasi pada ruangan kita

7. Pasang detektor gas.
Detektor gas adalah pendeteksi kebocoran gas bumi. Biasanya bunyi alarmnya keras sebagai peringatan untuk kita. Detektor gas melindungi kita sekeluarga dari resiko kebocoran gas bumi.

8. Hubungi contact center pgn jika membutuhkan bantuan.
PGN memberikan kontak center guna mempermudah pelanggannya dalam menyampaikan keluhan bila menghadapi kendala dalam memanfaatkan energi baik gas bumi.

Nah beberapa materi yang baru kita baca sebetulnya menyimpulkan pada poin penting dalam keamanan penggunaan gas bumi PGN yang terpasang pada dapur rumah tangga, sebetulnya menunjuk kita sebagai baris terdepan dalam keamanan penggunaan. Semua tindakan dan penyediaan fasilitas serta langkah antisipasi dari PGN tentu akan sulit berjalan jika pengguna nya sendiri cenderung abai dalam penggunaannya. Tapi untungnya yang biasa di dapur adalah kaum ibu, kaum ibu lebih sensitif terhadap bau, juga tingkat kecermatan mereka berada lebih baik dari kaum pria. Hal ini membuat tingkat resiko kecelakaan mengecil.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi