Selasa, 20 Desember 2016

PGN Punya Leak Survey Atau Pasukan Khusus Amankan Gas Bumi

Mendengar kata gas bumi, tentu saja imajinasi kita sering kali mengarah kepada tekanan tinggi dan resiko ledakan serta bahaya kebakaran. Untuk itulah dalam pengelolaan distribusi gas bumi, PGN punya satu "pasukan" khusus untuk bertugas mengantisipasi segala resiko yang ada dari pemanfaatan energi baik tersebut. Pasukan khusus tersebut di beri identitas sebagai tim leak survey. Tugas tim tersebut antara lain adalah, memberikan sosialisasi pengaturan tekanan gas serta ragam tindakan yang harus di lakukan bila mendeteksi adanya ketidakberesan pada jaringan yang terpasang.

Biasanya satu bulan sekali secara berkala, ada petugas yang memeriksa (risiko) kebocoran pada jaringan gas bumi PGN sampai ke instalasi rumah tangga. Oleh karena nya layanan gas bumi PGN yang tersedia hingga ke rumah tangga aman aman saja. Kecelakaan akibat dari kebocoran jaringan gas bumi PGN ini memang tak pernah terjadi. Pelanggan PGN juga mendapatkan nomor kontak yang dapat dihubungi selama 24 jam bila ada kekhawatiran terkait penggunaan gas bumi ini.

PGN menerapkan SOP yang ketat Sebelum gas bumi sampai ke pelanggan, ada banyak urusan teknis yang harus dipastikan untuk menjamin keamanan pemanfaatan gas bumi itu. Petugas dari PGN harus memastikan tekanan gas bumi pada jaringan gasnya berada pada pada level aman. PGN ini punya Metering and Regulating Station, sebagai pengatur tekanan gas dan pengaman hingga gas bumi sampai ke pelanggan.

Berikut beberapa langkah pengamanan yang menjadi standar kerja PGN guna mencegah resiko buruk terjadi:
- Tekanan gas pada jaringan pipa harus di  pastikan dalam level aman pada Metering and Regulating Station.
- Setelah di cek keamanannya, jalur pelanggan yang dilayani oleh PGN, ukuran tekanan yang cukup akan menjadi patokan untuk regulator aktif.
- PGN juga menggunakan check valve yang berfungsi memastikan tak ada aliran balik gas.
- PGN juga memberikan aroma, agar gas yang tak berbau bisa mudah terdeteksi seandainya ada kebocoran.
- Pada jaringan gas bumi peruntukan rumah tangga tekanan yang ada berada dalam level tekanan rendah.
- Lokasi pemasangan dan instalasi untuk ke dapur di perhitungkan dengan teliti oleh petugas PGN guna mengurangi resiko kecelakaan.
- PGN juga meminta dan selalu mengingatkan pelanggan untuk segera melapor ke PGN lewat layanan 24 jam yang tersedia, bila ada kondisi mencurigakan dari selang atau jaringan gas
Masih banyak lagi langkah peningkatan keamanan yang di terapkan oleh PGN dalam mendistribusikan energi baik gas bumi sejak 50 tahun yang lalu hingga saat ini. Berita seputar energi baik gas bumi


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi