Senin, 18 Juli 2016

Gairah Energi Baik dari Gas Bumi PGN Yang Terus Menyebar

Kebutuhan konsumsi masyarakat terhadap gas bumi PGN terus meningkat. Tingkat polusi yang dihasilkan minim, biaya lebih hemat serta praktisnya dalam menggunakan gas bumi PGN tentu saja menjadi pemicu naiknya permintaan energi baik gas bumi dari berbagai sektor. PGN terus meningkatkan produktifitas secara agresif dalam membangun infrastruktur pipa gas bumi. Karena hal tersebut merupakan komitmen PGN untuk terus meningkatkan penyerapan produksi gas nasional, serta menyebar luaskan energi baik gas bumi agar pemanfaatanya memberikan nilai tambah tersendiri bagi masyarakat luas.


PT PGN terus membentangkan jaringan gas bumi di berbagai wilayah di Indonesia. Di tahun 2016 empat bulan pertama yang lalu, PGN telah mapu menambahkan jaringan pipa gas bumi sepanjang lebih dari 109 kilometer.

PGN terus berupaya membangun dan memperluas jaringan pipa gas bumi di berbagai daerah yang sudah dijangkau serta aktif menjadi pioneering dalam membuka wilayah-wilayah dan jaringan gas bumi PGN yang baru. Berbagai program dan langkah kerja PGN tersebut, dilakukan untuk meningkatkan dan memperluas pemanfaatan energi baik gas bumi agar cepat merata untuk seluruh Indonesia.

Jaringan pipa gas bumi di wilayah yang sudah eksis melakukan distribusi gas bumi seperti di Jawa Barat dan Jawa Timur, Batam, Medan dan lainnya terus dilakukan penambahan dan pengoptimalan. Proyek pipa gas bumi seperti di Pasuruan, Jawa Timur pun sudah dikerjakan, selain itu dalam beberapa waktu yang lalu PGN juga menyelesaikan pembangunan pipa gas bumi di wilayah Kejayan-Purwosari sepanjang 15 kilometer (km), untuk memperluas jaringan distribusi energi baik ini.

Proyek pipa gas yang tercatat di atas di nyatakan memiliki kapasitas kemampuan memasok gas bumi sebanyak 17 juta kaki kubik per hari. Gas bumi ini akan di peruntukan pada sektor rumah tangga, industri, usaha kecil menengah bahkan hingga ke pembangkit listrik..

Masih beberapa bulan yang lalu juga sudah di muat informasi yang menyatakan bahwa PGN juga telah menyelesaikan pembangunan infrastruktur pipa gas bumi di wilayah Jetis-Ploso di wilayah Mojokerto dan Jombang sepanjang 27 km yang dapat memasok gas bumi hingga 65 MMSCFD. Keberadaan pipa dan pasokan gas bumi ini menjadi peluang menarik bagi investor yang berinvestasi di Mojokerto dan Jombang. Secara tidak langsung PGN dalam mendistribusikan penyebaran energi baik dari gas bumi PGN juga merangsang percepatan putaran perekonomian pada berbagai wilayah yang telah di layani nya dengan baik.

PGN juga sedang menyelesaikan pipa gas bumi Kalisogo-Waru, Jawa Timur sepanjang 30 Km. Proyek pipa gas ini dapat dimanfaatkan calon pelanggan seperti industri pakan, food baverage, keramik dan kawasan industri baru di sekitar wilayah Sidoarjo, Jawa Timur.Selain itu di luar pulau jawa, PGN juga menyelesaikan proyek pipa distribusi gas bumi di wilayah Nagoya, Pulau Batam sepanjang 18,3 km. Selesainya proyek gas bumi di Batam ini akan menambah pipa gas PGN di wilayah tersebut dari 123 kilometer menjadi 141,3 kilometer.

Pembangunan jaringan gas bumi di Cirebon, Bekasi, Bojonegara, Purwakarta, Subang, Medan, hingga Pekanbaru terus di perluas dan dilakukan secara berkelanjutan. Berbagai proyek jaringan gas bumi untuk rumah tangga, baik yang dibangun dengan biaya sendiri melalui program PGN Sayang Ibu, maupun penugasan dari Kementerian ESDM sebanyak untuk 49.000 rumah tangga, di Tarakan, Surabaya, dan Batam, terus di kejar dan di kerjakan oleh PGN agar nilai tambah dari energi baik segera merata pemanfaatanya.

Hingga saat ini tercatat dalam berbagai berita yang bisa kita simak, PGN telah membangun dan mengoperasikan pipa gas bumi mencapai lebih dari 7.100 km. Perkiraan sekitar 76 persen dari total pipa gas bumi nasional sudah di operasikan dan di kelola oleh pgn.

Lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga, 1.879 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.576 industri berskala besar dan pembangkit listrik juga sudah masuk dalam jakauan pelayanan energi baik PGN. Berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, sampai Papua sudah tersebar pelanggan gas bumi PGN.

Dalam berbagai berita PGN sudah menyalurkan gas bumi mencapai 1.591 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) di tahun 2015 yang lalu. Kinerja PGN dalam distribusi gas bumi di tahun 2015 dan tahun tahun sebelumnya, juga tercatat menciptakan penghematan bagi nasional sebesar Rp88,03 triliun per tahun.

sumber info
http://m.okezone.com/read/2016/06/25/320/1425052/kuartal-i-pgn-tambah-jaringan-gas-bumi-sepanjang-109-km

Semoga perluasan dan perkembangan daya jangkau distribusi dan tata kelola energi baik yang di kerjakan PGN terus meningkat dan berkelanjutan. Tentunya kita semua berharap PGN sebagai salah satu BUMN yang bergerak dalam bidang pendistribusian gas bumi mampu mendorong tercukupinya atau swasembada energi baik untuk Indonesia
gbr; sp.beritasatu.com
Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi
Semoga Sukses Selalu

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi