Selasa, 19 Juli 2016

Gas Bumi PGN Di Paris van Java Bukan Untuk Lautan Api

Gas bumi  PGN mulai mencoba untuk mencukupi kebutuhan energi baik di bidang tranfortasi pada kota Parijs van Java yang tentu saja masih lekat dalam ingatan kita tentang bandung lautan api, pada era perjuangan dahulu. Peristiwa di era perjuangan itupun dikenal dengan sebutan Bandung Lautan Api dan diabadikan dalam lagu Halo-Halo Bandung. Selain teringat sebagai kota perjuangan, Bandung juga dikenal sebagai tempat yang berhawa sejuk, Karena terletak di dataran tinggi. Hal ini menjadikan Bandung sebagai salah satu kota tujuan wisata, oleh karena itu kota bandung membutuhkan transfortasi yang memadai juga energi baik yang ramah lingkungan sebagai bahan bakar berbagai alat transfortasinya.

PT Perusahaan Gas Negara baru baru ini sepakat bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung, untuk memperluas pemanfaatan gas bumi untuk kendaraan bermotor di Bandung. PGN bersama wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, akan mengupayakan agar angkutan kota, kendaraan dinas, sampai bus pelajar dan kendaraan lainnya sebisa mungkin segera beralih dari BBM ke gas bumi, yang ramah lingkungan serta efisien. Hal tersebut sempat di sampaikan oleh Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso, pada acara Penandatangan MOU antara PGN dengan Pemkot Bandung, di Gedung PGN Braga, Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/6/2016) yang lalu.
Pada langkah langkah permulaan, PGN segera menyiapkan fasilitas mobile refueling unit (MRU) di Terminal Antapani, Bandung. MRU atau 'SPBG berjalan' ini merupakan solusi tercepat untuk pembangunan infrastruktur gas bumi untuk sektor transportasi. MRU merupakan fasilitas pengisian bahan bakar gas (BBG) berupa compressed Natural Gas (CNG), atau alat untuk mengkonversi gas bumi, yang terkoneksi atau terintegrasi pada unit infrastruktur gas bergerak (mobile). Dengan adanya fasilitas ini akan membuat angkot di Bandung bisa dengan mudah isi BBG di terminal.

PGN juga akan membagikan secara gratis konverter kit atau alat pengubah bahan bakar untuk ke 20 angkot di Bandung. Sehingga sopir angkot bisa langsung merasakan manfaat kendaraannya pakai BBG. Kapasitas MRU di Bandung nanti di targetkan memiliki kapasitas sekitar 0,3 juta kaki kubik per hari, dengan kapasitas tersebut diharapkan MRU di bandung dapat melayani ratusan angkot setiap harinya.

Negara kita Indonesia memiliki cadangan gas bumi yang cukup banyak, unntuk itulah pemerintahan sekarang melalui PGN terus melakukan pengoptimalan penggunaan gas bumi PGN sebagai energi baik untuk mengurangi konsumsi BBM.

Secara keseluruhan Saat ini, PGN telah mengoperasikan 5 unit SPBG dan menyalurkan gas bumi ke 14 SPBG mitra, serta mengoperasikan Mobile Refueling Unit (MRU) di beberapa lokasi seperti di IRTI Monas, Waduk Pluit dan Gresik. Dan Kota bandung ini merupakan target selanjutnya.

Dalam beberapa tulisan dan berita sebelumnya sudah kita bahas bebrapa kinerja dan kerja sama PGN dengan pemkot bandung di luar dari distribusi enegi baik. Selain kerja sama pemanfaatan gas bumi untuk transportasi, PGN dan Pemkot Bandung bekerjasama dalam pemanfaatan aset PGN berupa Gedung PGN Braga di Jalan Braga Nomor 40, Kelurahan Braga, Bandung, Jawa Barat, dapat difungsikan sebagai creative space. Gedung yang sudah masuk dalam cagar budaya tersebut, akan disulap oleh Pemkot Bandung, menjadi tempat nongrong anak-anak muda Bandung untuk mengasah kreativitas.

- Gedung PGN braga akan di gunakan sebagai ruang ekspresi, inovasi dan kegiatan komunitas kreatif Kota Bandung, Agar Kota Bandung bisa menjadi pilot project dalam pengembangan ekonomi kreatif.
- Gedung PGN Braga ini akan menjadi icon baru bagi anak muda Bandung.
- Gedung PGN braga nanti jadi tempat pameran, tempat nongkrong, ada tempat usaha bagi individu kreatif dan banyak lagi. Sehingga kawasan ini menjadi lebih hidup "," tutur Ridwan Kamil.

Semoga saja dengan turut andilnya PGN dalam memasok gas bumi PGN ke bandung ini, bisa menjadi tambahan energi baik bagi perkembangan kota bandung yang saat ini merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Semoga bandung yang di kenal sebagai, Kota Parijs van Java, kota belanja, kota pariwisata dan akan terus berkembang tumbuh menuju kemajuan seiring dengan adanya suplai energi baik yang tercukupi dari gas bumi PGN.

Dan tak lupa kita terus  berharap yang dulu sempat menjadi lautan api sekarang dan seterusnya mampu menjadi lautan energi baik yang bisa di tularkan ke seluruh wilayah negeri kita. Melalui kiprah yang membangun dan melayani kebutuhan energi masyarakat, distribusi gas bumi PGN dapat segera meluas lagi, guna mengompori dan menghangatkan kondisi perekonomian yang mulai bergelora di seluruh wilayah indonesia
PGN

sumber info http://bisnis.liputan6.com/read/2533180/pgn-perluas-penyaluran-bbg-di-bandung

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi
Semoga Sukses Selalu

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi