Jumat, 15 Juli 2016

Mengintip #T3CGK Perkembangan Menara AMC Terminal 3 baru Soekarno-Hatta

Menara Apron Movement Control (AMC) permanen yang sedang dibangun di Terminal 3 baru Soekarno-Hatta, diperkirakan selesai dan beres semua pada akhir Juli 2016. Penampakan secara fisik, menara ini Selesai pada minggu ini.
Photo published for Tower AMC Terminal 3 Ultimate Siap Dioperasikan - Tribunnews.com
Pembangunannya keseluruhan sudah sedikit lagi selesai, berbagai peralatan pendukung operasional sudah mulai masuk, rencananya sih, ketika Terminal 3 baru Soekarno-Hatta beroperasi AMC juga sudah siap beroperasi, hal tersebut di sampaikan Direktur Operasional Angkasa Pura II, Bpk Djoko Murjatmodjo pada Terminal 3 baru Soekarno-Hatta, di daerah Tangerang, pada hariRabu tanggal 13 bulan 7 tahun 2016, atau keterangan beberapa hari yang lalu.

Menara AMC ini akan dipergunakan oleh petugas dari AP II untuk dikoordinasikan pengoperasiannya bersama-sama dengan menara ATC (Air Traffic Control). Selain itu, menara AMC juga akan mengawasi pergerakan kendaraan non udara sepertiground handling, tangki pertamina, dan mobil metering. Jadi menara ini sepertinya akan berfungsi untuk memantau pergerakan alias wara wiri kesibukan Terminal 3 baru Soekarno-Hatta.

Salah satu guna  menara ini misalnya: pilot minta izin untuk mundur, jadi AMC terima permintaan dari pilot lalu petugas AMC langsung cek situasi dan kondisi, nanti ATC sana akan koordinasi ke AMC, bagaimana sikon nya, apakah aman, clearkah atau ada hambatan kah. Kalau AMC bilang clear maka ATC akan bilang ke pilot clear. Sehingga kesalah komunikasi yang bisa menimbulkan insiden bisa di cegah.

Meskipun pembangunan tower AMC ini dilakukan tidak lebih dari tiga minggu, namun AMC ini memiliki konstruksi yang terbuat dari baja yang menjadi jaminan bangunan menara ini memiliki konstruksi yang baik. Kontruksi baja kan cepat. Ini kan baja, beton kan butun 28 hari mengecornya, kalau baja kan cepat, itulah keterangan Bpk Djoko Murjatmodjo yang sudah di beritakan dalam beberapa media.

Settelah rampung pengerjaan menara AMC ini, proses verifikasi Terminal 3 Ultimate segera dapat diselesaikan dan dimulai pengoperasiannya. Sehingga fasilitas yang baik ini bisa segera bermanfaat maksimal bagi pengguna transportasi pada Terminal 3 baru Soekarno-Hatta tersebut.

Masih mengutip keterangan Bpk Djoko Murjatmodjo pada Terminal 3 baru Soekarno-Hatta, di daerah Tangerang, pada hariRabu tanggal 13 bulan 7 tahun 2016 atau beberapa hari yang lalu:
- AMC tower-nya sudah ada
- Petugasnya sudah ada
- Alatnya sudah ada
Jadi begitu tower siap, peralatan dipasang, pengelola Terminal 3 baru Soekarno-Hatta, mengundang dirjen perhubungan udara untuk memperlihatkan SOP nya. Kalau AMC siap, langsung diverifikasi, proses verifikasi tersebut berlangsung mulai dari 12 hingga 18 bulan ini ini.

Semoga Terminal 3 baru Soekarno-Hatta, Segera di maksimalkan manfaatnya. Semoga keamanan dan kenyamanan serta keselamatan, dalam sibuknya aktivitas pada Terminal 3 baru Soekarno-Hatta nanti tetap menjadi hal yang penting untuk di utamakan

Sumber
Detik Kaskus Twitter


Semoga Sukses Selalu

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi