Rabu, 08 Juni 2016

Kesiapan PGN Di Ramadhan Ke Hari Raya

PGN selalu Siap siaga Penuhi Peningkatan Permintaan Energi Baik Gas bumi selama Ramadhan. Tercatat di berbagai berita yang kita temui di setiap bulan ramadhan selalu terjadi peningkatan kebutuhan gas bumi PGN, terutama pada sektor rumah tangga dan industri kuliner tentunya.
Sambut Ramadhan 2016 ala PGN
Memang pada kenyataanya di bulan puasa seperti sekarang hingga lebaran, konsumsi masyarakat naik terutama industri yang bergerak di sektor makanan, Di lokasi tempat tinggal kita berada saat ini, kita masih bisa menjumpai berbagai tradisi budaya yang bisa meimbulkan energi baik, untuk di tumbuh kembangkan, terutama di bulan ramadhan seperti sekarang ini. Beberapa contoh tersebut antara lain sahur dan buka puasa bareng, saling bertukar masakan, menyediakan hidangan berbuka puasa untuk rumah ibadah secara bergiliran dll.

Ke semua kegiatan tersebut secara tidak langsung bersinggungan dengan kegiatan masak memasak. Mulai dari hidangan sahur dan berbuka hingga ketupat dan kue hari raya. Oleh karena itu untuk wilayah yang sudah mendapatkan fasilitas maksimal dari manfaat gas bumi PGN, tentu bisa menjadikan kegiatan kekeluargaan, bermasyarakat dan kegiatan ibadah menjadi lebih mudah dan berkesan memiliki nilai tambah.

Di Jawa Timur selama Ramadhan maupun Lebaran 1433 Hijriah atau pada tahun 2012 yang lalu, setok ketersediaan pasokannya tercatat aman aman saja. begitu juga yang terjadi pada ramadhan di tahun berikutnya hingga ke ramadahan tahun 2016 ini, PGN selalu mengupayakan secara maksimal pelayananya dalam memenuhi kebutuhan gas bumi pelanggannya

Pada Ramadhan 1433 PGN juga sempat mengadakan Safari Ramadhan 1433 Hijriah, PGN memberikan bingkisan kepada anak yatim dan dhuafa kepada 46 panti asuhan dengan 1.455 anak yang terdapat di wilayah operasi SBU II yaitu Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, dan Pasuruan. Paket itu berupa tas sekolah, sajadah, sarung/mukena, dan uang tunai dll.

Konsumsi energi baik dan bahan bakar lainya, tentu saja meningkat pada bulan puasa hingga menuju hari raya di setiap tahunnya. Berdasarkan data sebelumnya, rata-rata konsumsi premium pada saat Idul Fitri akan meningkat sekitar 12% dibanding konsumsi rata-rata harian, sedangkan konsumsi solar menurun sekitar 13%. Jika saat ini tercatat rata-rata konsumsi harian premium sekitar 70 juta liter maka dengan peningkatan 12% kebutuhan premium pada saat Idul Fitri diperkirakan mencapai 80-an juta liter, sedangkan konsumsi solar akan turun menjadi sekitar 28 juta liter, Dan yang pastinya untuk yang sudah ada jaringan gas bumi PGN maka  konversi energi BBM ke gas bumi terus bisa di terapkan.

Hingga saat ini PGN telah membangun dan mengoperasikan 6.470 kilometer jaringan pipa gas di berbagai wilayah Indonesia. PGN juga melayani lebih dari 105 ribu pelanggan dari berbagai sektor seperti rumah tangga, transportasi, UKM, komersial, industri dan pembangkit listrik. PGN juga terus membangun sarana dan prasarana untuk bisa memaksimalkan pemanfaatan produksi gas bumi dalam negeri.

"Melalui penggunaan gas bumi, PGN berharap sektor industri dapat terus berkembang, sehingga memberikan kontribusi positif dan energi baik bagi perekonomian nasional. PGN akan terus melakukan inisiatif untuk membangun infrastruktur dan memperluas jaringan gas bumi. Kami yakin, dengan peningkatan penggunaan gas bumi, ketahanan energi baik nasional juga akan semakin kokoh.


http://www.migas.esdm.go.id/post/read/kesiapan-kementerian-esdm-menyambut-ramadhan-dan-idul-fitri
http://www.antarajatim.com/berita/92622/pgn%C2%A0siap-penuhi-peningkatan-permintaan-gas-ramadhan
http://www.pgn.co.id/en/listnews/news/news/latest_news/0/1/242/1/pgn_memperluas_penyaluran_gas_bumi_ke_rumah_tangga_di_pasuruan

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Semoga Sukses Selalu

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi