Kamis, 19 Mei 2016

Sepertiga Target Pengelolaan Gas Bumi FSRU Lampung

Fasilitas Floting Storage and Regasification gas bumi di Lampung yang dikelola PT PGN, Akhir bulan ini akan kembali menerima, mengelola dan mendistribusikan satu kargo gas bumi cair dari Kilang LNG Tangguh, Papua. Kargo ketiga yang akan dikelola dari target 8 kargo LNG yang dialokasikan dari Kilang Tangguh tahun ini akan segera terlaksana.

Sebuah kargo gas bumi cair kurang lebih itu setara dengan 137.700 meter kubik fluida. Kargo LNG ketiga tersebut terjadwal akan segera di proses pada FRSU lampung pada tanggal 26 bulan Mei tahun 2016 ini. Suplai untuk FSRU Lampung tersebut di harapkan akan memperkuat pasokan gas bumi PGN khususnya untuk pelanggan di wilayah pulau Jawa Bagian Barat hingga ke daratan Sumatera Bagian Selatan.

Sebelum disalurkan, LNG tersebut melalui proses perubahan bentuk dalam bentuk dari cairan kembali ke bentuk gas. Kemudian Setelah di kembalikan ke bentuk gas bumi, dari FSRU Lampung, gas bumi tersebut di salurkan melalui pipa bawah laut menuju stasiun penerima di Labuan Maringgai yang terhubung dengan pipa South Sumatera West Java. lalu selanjutnya dapat didistribusikan ke pelanggan PGN di Jawa bagian Barat dan Sumatera bagian Selatan. Atau sampai ke tungku tempat penggorengan ikan, tempat memasak nasi, Merebus air, Bahkan sampai pada instalasi pembakaran pada ketel uap pembangkit tenaga listrik yang sudah terfasilitasi jaringan pelayanan PGN.

PGN terus membuktikan komitmennya dalam hal penyerapan produksi gas bumi dalam negeri, PGN juga akan memaksimalkan keberadaan FSRU Lampung untuk memperkuat pasokan gas bumi ke pengguna di dalam negeri, serta mendukung penyerapan produksi gas domestik serta upaya mengurangi pemasaran gas bumi mentah keluar negeri,mengmaksimalkan gas bumi Indonesia untuk menghangatkan perekonomian, dari sisi energi untuk kebutuhan rumah tangga dan industri.

Sampai dengan saat ini, PGN telah mengelola jaringan distribusi dan pelayanan kebutuhan gas bumi ke berbagai wilayah di Indonesia. Pelanggan PGN tersebar mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, hingga Papua. Walaupun gas PGN belum sampai di perkampungan saya di tegal lamba duren sawit jakarta timur, namun jaringan yang luas dan di kelola PGN saat ini untuk melayani masyarakat patutlah di apresiasi.

Gas bumi PGN saat ini mengalir ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga, 1.879 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.576 industri berskala besar dan pembangkit listrik. PGN  terus membangun dan mengoperasikan jaringan infrastruktur gas bumi secara berkelanjutan, agar produksi gas nasional yang cukup besar mampu terserap lebih banyak ke dalam negeri. infrastruktur pipa gas bumi yang dibangun dan dioperasikan PGN hingga saat ini mencapai lebih dari 7.000 km. Jumlah tersebut setara dengan 76 persen dari total pipa gas hilir yang ada di seluruh Indonesia.

Semoga dengan fasilitas dan infrastruktur yang sudah di operasikan PGN dalam mengelola gas bumi, serta kiprah setengah abad berlalu dalam melayani kebutuhan energi indonesia, PGN akan terus berkembang menjadi salah satu BUMN yang patut menjadi kebanggaan Indonesia


http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/05/16/140458826/FSRU.PGN.di.Lampung.Kembali.Serap.Gas.dari.Tangguh



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi
Semoga Sukses Selalu

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi