Rabu, 27 April 2016

FSRU Lampung kerjanya ngapain?

FSRU Lampung sebagai salah satu sarana pendukung swasembada energi yang di targetkan pemerintah, kini sedang di garap telaten oleh PGN. Proses penerimaan kedua kargo yang diterima FSRU Lampung pada april tahun 2016 ini, merupakan agenda penyerapan dan distribusi dari total 1,1 juta meter kubik LNG yang berasal dari Tangguh pada tahun ini, untuk segera mempercepat pertumbuhan ekonomi secara tidak langsung, melalui tercukupinya kebutuhan beberapa perumahan dan industri yang sudah terfasilitasi dengan jaringan PGN.
Selain diperuntukan ke industri dan kebutuhan rumah tangga, pasokan gas bumi di FSRU Lampung ini juga menjadi salah satu pendukung program pemerintah guna mencapai swasembada sumber energi domestik pada proyek listrik 35.000 mega watt. Fasilitas FSRU Lampung yang berada sekitar 21 kilometer dari tepi pantai Labuan Maringgai Lampung di harapkan nantinya bisa menjaga stabilitas suplai kebutuhan energi pada beberapa pembangkit listrik yang berlokasi di pulau jawa bagian barat, sumatera bagian selatan, kepulauan riau hingga ke bangka belitung melalui jaringan distribusi PGN yang telah di bangun maupun yang masih terus di kejar dan di kerjakan pelaksanaannya.
energywatchgroup.org
Di tahun lalu banyak dari kalangan pengamat dan pemerhati bidang energi yang menyatakan Seharusnya PGN berkonsentrasi saja pada sektor hilir, dan tidak ikut-ikutan bermain di sektor hulu. Pendapat atau pernyataan seperti ini muncul atau menjadi ada mungkin saja di sebabkan keraguan akan eksistensi PGN serta keseriusan BUMN tersebut dalam melaksanakan komitmenya untuk mempercepat penyerapan produksi gas bumi serta pendistribusiannya. Banyak ahli dari pengamat tersebut yang meragukan akan pertumbuhan PGN dan sebagian juga sempat berpikir karena profit PGN yang dianggap kecil jika hanya menjadi pelaksana distribusi saja, PGN akhirnya turut bermain di sektor hulu walaupun menurut para pengamat tersebut PGN belum melakukan studi kelayakan yang matang untuk bisa berkiprah pada sektor hulu seperti mengoperasikan terminal transit distribusi gas alam cair dan mengubahnya kembali ke bentuk gas pada FSRU Lampung. (t.co/USwmdm17yS)
ekbis.sindonews.com
Keberadaan FSRU Lampung kini mulai menampakan peranannya dalam mendukung pemenuhan kebutuhan energi nasional untuk Indonesia. Kebutuhan energi yang tercukupi tentunya akan menjadi pemicu bergerak naiknya roda roda perekonomian. Karena yang namanya bergerak ya pastilah membutuhkan energi atau daya alias tenaga.

anakbertanya.com
Suplai energi kepada perumahan yang sudah berlangsung selama ini pada kebutuhan rumah tangga tentu memberikan banyak keuntungan kepada masyarakat. Hampir setiap kabar yang kita terima dari banyak media memberikan gambaran kepada kita tentang keuntungnga yang bisa di nilai secara ekonomi maupun keuntungan bagi lingkungan serta kebersihan berikut kenyamanan lingkungan tempat tinggal yang di huni pada kawasan yang sudah terfasilitasi oleh jaringan PGN. Beberapa contoh keuntungan yang sering kita dapatkan informasinya antara lain seperti:
- Gas pipa yang disalurkan oleh PGN menjadi jalan keluar dari Kenaikan harga gas elpiji.
- Biaya gas yang di bayarkan selama sebulan untuk berbagai aktivitas di rumah seperti memasak makanan dan air minum serta mandi air panas cenderung lebih murah di banding menggunakan gas tabung.
- Setok GAS PGN yang di klaim terus meningkat dan mampu untuk mencukupi keperluan yang ada membuat kita tidak perlu takut kehabisan gas.
- Menghemat tenaga karena tidak perlu repot mengangkat tabung gas yang beratnya cukup lumayan juga, terutama untuk hunian vertikal.
- Gas bumi PGN juga terbukti lebih ramah lingkungan, aman dan bersih hal ini tentu mengurangi polusi terutama untuk perumahan di kota besar yang cenderung ukuran dapur rumah tangganya berukuran kecil serta minim ventilasi.
- Petugas PGN secara rutin dan terjadwal mengontrol jaringan gas ke rumah-rumah membuat rasa nyaman dan aman penggunanya meningkat

m.detik.com
- Suplai gas yang cukup tentu saja membuat para ibu memasak lebih nyaman dan tingkat kematangan serta variasi hidangan yang di hasilkan akan bertumbuh.
- Adanya kemudahan fasilitas dalam mengolah bahan baku makanan tentu saja akan membuat kaum ibu memanfaatkan waktunnya untuk sedikit berpikir bisnis, misalnya memasarkan hasil kreatifitas masakanya untuk para tetangganya.
ekonomi.metrotvnews.com
Nah itu baru beberapa contoh kecil profit yang di nikmati pelanggan PGN dari rumah tangga. Pada pelanggan PGN di sektor bisnis dan industri tentu saja mereka mendapatkan nilai tambah yang lebih banyak lagi bila dibandingkan dengan penggunaan BBM atau gas tabung. Kiprah PGN yang terus meningkatkan jangkauan pelayanan dan jaringan nya tentu saja di nantikan banyak masyarakat. Walaupun daya jangkau jaringan PGN belumlah seluas jaringan pipa air ledeng atau jaringan listrik pln atau juga jaringan TV kabel, namun kinerja para petugasnya sampai dengan saat ini mesti kita berikan dukungan semangat guna mencapai tingkat kemajuan yang lebih menapak naik lagi.


http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/04/25/060100626/Pasokan.LNG.Tiba.FSRU.PGN.di.Lampung.Siap.Dukung.Swasembada.Energi
http://pgn.co.id/en/listevent/event/news/events/0/1/126/1451602800/1


Tulisan ini disumbangkan untuk situs Si-Nergi

Semoga Sukses Selalu

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi