Kamis, 16 Maret 2017

Memancing Produktivitas Berpikir

Produktivitas merupakan segala sesuatu yang di kerjakan, untuk menghasilkan berbagai hal. Hasil dari sebuah produktivitas bisa berupa hal baik dan juga bisa sebaliknya. Segala kegiatan setiap hari yang kita kerjakan dan sudah menjadi rutinitas, pada dasarnya merupakan suatu produktivitas. Hanya saja jarang sekali kita memikirkan kembali apakah semua yang kita lalui menghasilkan sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi diri kita dan orang lain, ataukah malah sebaliknya.
Produktivitas di pengaruhi berbagai hal. Berbagai hal tersebut juga sangat mempengaruhi apakah yang dihasilkan dari produktivitas tersebut positif atau negatif. Sebagai manusia kita tentu sering mendengar kalimat "Kita harus memiliki produktivitas tinggi agar bisa bersaing", kalimat tersebut tentu hampir semua pernah mendengarnya juga mungkin pernah mengucapkan nya.
Dalam teori reproduksi manusia, kita sudah di beritahukan bahwa kita berawal dari berjuta sperma yang mampu menembus sel telur, guna membentuk individu baru. Diantara berjuta sel sperma tersebut, kita merupakan satu pemenang karena produktifitas gerak kita pada saat menjadi sebuah sel lebih aktif dan produktif, hingga kita bisa mencapai tujuan bertemu dengan sel telur. (Teori proses pembuahan manusia / reproduksi)
Setelah terjadi proses pertemuan atau pembuahan tersebut, proses produktivitas kita dalam membentuk individu baru di mulai. Kita membentuk menjadi segumpal darah, hingga lengkap fisik dan bersemayam di dalam kandungan bunda selama 9 bulan lamanya. Proses kita pada saat di dalam kandungan juga merupakan suatu produktivitas guna menghasilkan individu baru yang kelak nantinya dilahirkan menjadi personal yang mandiri.
Photo published for India got healthier in last 10 years: Survey - Times of India
Lalu produktivitas kita beralih dari alam rahim ke dalam alam dunia ini, itu di mulai sejak kita di lahirkan. Singkat cerita produktivitas kita berproses dari waktu kita di lahirkan hingga dewasa ini, semua proses tersebut di kawal dengan bimbingan dan kasih sayang orang tua kita, karena mereka berharap agar kita bisa menjadi pribadi yang mandiri, berguna bagi orang lain serta bangsa dan negara ini.
Saat ini pernahkah kita memikirkan apakah kita memiliki produktivitas yang tinggi. Apakah produktivitas kita menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Apakah kita sudah bisa jadi mandiri dan tidak tergantung oleh orang tua kita. Apakah kita sudah menghasilkan sesuatu yang bermanfaat buat kedua orang tua kita dan orang sekitar kita. Semua jawaban itu tentunya ada dalam dirikita masing masing.
Di masa persaingan ketat saat ini, apalagi bagi yang tinggal di perkotaan, tentu sangat merasakan tuntutan produktivitas tinggi dari kita. Kita di tuntut untuk berpikir cepat, bertindak tepat dan membuahkan hasil yang bermanfaat. Bila tidak maka secara otomatis kita akan tersingkir dari proses produksi yang ada. Hal ini berlaku di semua hal atau kegiatan yang terjadi. baik yang positif maupun yang negatif.
Dan yang terpenting, sebagai manusia kita di ciptakan untuk menjadi pribadi mandiri, yang bebaas memilih hal baik atau buruk untuk di kerjakan. Namun dibalik kebebasan tersebut TUHAN juga membekali kita dengan nurani serta akal pikiran guna membuat kita bisa memilih langkah yang tepat untuk di jalani.
Produktivitas sebetulnya bukan hanya sebatas kegiatan fisik kita saja sebagai pribadi yang harus jadi mandiri. Kebutuhan kita akan individu lain merupakan suatu keharusan Untuk menjaga siklus produktivitas tetap berjalan seimbang dan berkelanjutan. Hingga akhir tulisan ini mari sekedar merenungkan apa produktivitas kita hingga hari ini, apakah kita sudah bisa jadi mandiri, Ataukah kita masih tergantung segala sesuatunya kepada individu lain, Jawabnya tentu ada dalam diri kita sendiri.....
Jangan pernah berhenti berpikir agar kita tetap produktif, walaupun yang kita lalui dan akan kita jalani sering dianggap oleh orang lain sebagai suatu ke siaan. Dengan terus berpikir produktif, maka ide kreatif dan aktivitas yang produktif bisa saja tiba tiba menghasilkan sesuatu yang tak ternilai harganya. Waspadalah terhadap produktivitas yang terjadi di sekitar kita,...

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

gbr ilustrasi di ambil dari situs twitter

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi