Senin, 27 Februari 2017

Produktivitas Tak Pernah Kenal Waktu Dan Suasana

Waktu mendapat inspirasi produktif memang sulit sekali di tentukan kapan datangnya. Seperti halnya seorang penyair dan  bagi seorang penulis terkadang mereka berhasil menciptakan syair rangkaian kalimat indah dan syahdu, terjadi pada saat yang tak terduga. Bahkan pembaca mungkin pernah mendengar cerita tentang seorang pujangga yang mencipta puisi legendaris saat buang air. Agak terdengar nyeleneh bukan. Namun itulah kenyataan yang seringkali terjadi dan biasa tedapat dalam kegiatan kita setiap hari.

Dua hal berikut ini adalah contoh kegiatan yang seringkali di anggap sesuatu yang sia sia, namun terkadang bisa membentuk pribadi yang bisa jadi mandiri bila kita jeli dan cepat mengubahnya menjadi sesuatu yang berguna.
Melamun

 
 Dalam sebuah teori psikologi yang diperkenalkan oleh Scott Barry Kaufman, profesor psikologi NYU dan penulis buku Ungifted Intelijen Redefined dijelaskan bahwa pada saat kita melamun wawasan, intuisi dan memori yang disimpan akan muncul sehingga otak akan bekerja dengan keras. Selain itu melamun seringkali membuat kita menjadi kreatif saat menciptakan bayangan dan khayalan tentang apa yang akan kita lakukan di masa depan. Melamun juga membuat kita menggali kembali memori atau kenangan yang ada di dalam otak saat kita merenungkan tentang hal-hal yang pernah kita alami. Hal ini diibaratkan dengan mengasah kembali ketajaman otak yang akhirnya membuat kita menjadi lebih pintar . sumber  http://mdk.to/i9cR
Siapa sih yang tidak pernah melamun, berhayal dan membiarkan pikiran melanglang buana?. ah,, hampir di pastikan tak seorangpun, yang berbadan dan pikiran sehat, tak pernah melamun. Iya kan?.

Salah satu cerita yang sangat akrab dengan hal tersebut adalah penemuan penting yang mengubah dunia saat ini. Seorang bernama Archimedes, menemukan hukum alam yang kita kenal dengan hukum Archimedes, juga terjadi pada saat ia mau mandi. Teori tersebut sampai saat ini di gunakan oleh berbagai teknologi canggih seperti balon udara ,kapal laut, kapal selam dan berbagai peralatan canggih lainnya.

Pada ulasan singkat kali ini tentu tak membahas Archimedes, namun di sini sekedar mengingatkan pembaca saja. Yang di ulas singkat di sini adalah saat produktif bisa saja terjadi pada saat luang bahkan saat yang semestinya terbuang percuma, namun ternyata ada sesuatu yang sangat berharga dibalik itu. Produktivitas kita seringkali tersembunyi di balik kebiasaan kita yang umum. Seringkali Produktivitas ini di nilai oleh orang lain atau bahkan bagi kita sendiri adalah sesuatu yang sia sia.

Jika kita seorang yang biasa melamun, sebetulnya itu merupakan anugerah tak ternilai lho. Jika kita bisa memanfaatkan hal tersebut, tentu akan menghasilkan suatu yang mungkin bisa bermanfaat bagi diri kita dan bisa juga bagi orang lain. Salah satu contoh adalah tulisan dan rangkaian kata di yang di baca ini. Ulasan ini pun di tulis saat melamun dalam terawangan angan tanpa batas yang berhasil di rekam menjadi untaian tata aksara. Lamunan pun bisa di manfaatkan untuk bisa jadi mandiri, minimum belajar menuliskan sesuatu yang bisa di lihat oleh diri sendiri dan orang lain guna belajar membaca.

Menunggu


 
Gambar DP BBM Sabar Menunggu
Menunggu adalah pekerjaan yang paling menyebalkan. Itulah kalimat yang paling sering kita dengar jika berhadapan pada keadaan menunggu. Siapa sih yang ga kesel kalo menunggu?. Apalagi menunggu sesuatu yang tak pasti dan berakhir dengan harapan semu nan hampa, alias PHP istilah ngetrendnya.

Menunggu memang menyebalkan, namun kita anggap saja itu untuk melatih kita jadi mandiri, minimal belajar jadi mandiri dan bersabar diri. Untuk memanfaatkan kegiatan menunggu menjadi suatu yang bisa meningkatkan Produktifitas kita, cobalah beberapa hal yang bermanfaat seperti:
- Membaca buku
- Buka internet dan cari artikel inspirasi
- Menuliskan catatan pada buku
- Mengingat kembali kegiatan apa yang sudah dan belum serta yang harus di lakukan setelah ini
Masih banyak kegiatan lainnya yang bisa Di kerjakan untuk hal yang positif

Di balik itu, jika orang yang terbiasa dengan kegiatan menunggu, ternyata ada hikmah tersembunyi di balik itu. Hal tersebut antara lain seperti
- Melatih kesabaran
- Mengasah otak dengan melihat ilmu apa yang terdapat di sekitar pada saat menunggu.
- Melatih imajinasi kita untuk melihat dari berbagai sudut pandang keadaan sekitar kita.
- Melatih kreatifitas otak kita agar dapat menemukan hal yang bermanfaat bagi kita sendiri

Dari dua hal yang membosankan tersebut bisa di tarik kesimpulan bahwa, apapun kegiatan termasuk yang kurang menyenangkan , bisa kita alihkan ke kegiatan yang sedikit mengasikan sambil kita belajar jadi mandiri meningkatkan produktivitas kita untuk menemukan hal yang berguna.
Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi