Jumat, 16 September 2016

Kurangi Impor Minyak Berharap Dari Gas Bumi PGN

Gas bumi PGN merupakan hal terbesar yang menjadi harapan keberhasilan program konversi energi dari BBM ke energi baik. FSRU Lampung merupakan salah satu fasilitas pendukung untuk tercapainya program pengurangan impor energi dan konversi atau perubahan pola konsumsi energi fosil dalam bentuk bahan bakar minyak agar segera beralih ke penggunaan gas bumi untuk mencukupi kebutuhan energi skala nasional.

Program konversi energi dari BBM ke gas bumi gencar di lakukan, hal ini di karenakan negara kita indonesia memiliki cadangan gas bumi dan produksi yang cukup melimpah. Sedangkan konsumsi terbesar untuk kebutuhan energi masih tergantung pada BBM import. Walaupun penggunaan gas bumi untuk memenuhi kebutuhan energi nasional masih memiliki berbagai kendala, namun berbagai langkah terus di tempuh oleh pemerintahan saat ini. PGN merupakan BUMN yang mendapatkan porsi yang cukup besar dalam berperan untuk mensukseskan program konversi serta program swasembada dan ketahanan energi nasional.

FRSU lampung menjadi salah satu bagian yang penting dikarenakan, hasil produksi dari gas bumi di berbagai ladang gas yang ada harus bisa di distribusikan. Dalam proses distribusi tersebut, gas bumi di ubah atau di padatkan menjadi bentuk cairan atau sering di kenal dengan LNG (Liquefied natural gas - gas alam cair) untuk di petikemaskan atau di muat pada cargo siap kirim.

Gas alam cair tersebut di angkut dengan kapal tangker kemudian di tampung di terminal terapung seperti FSRU Lampung ini. Kemudian pada FSRU Lampung ini, gas alam cair di proses kembali ke bentuk gas lalu di distribusikan sampai ke konsumen melalui jaringan gas bumi yang telah di bangun PGN. FSRU Lampung ini sangat mendukung pemenuhan kebutuhan energi nasional terutama untuk Indonesia bagian Barat dan Indonesia bagian Tengah.

Produksi minyak dan gas bumi di Indonesia bagian Barat saat ini cenderung menurun. Keberadaan FSRU Lampung ini berperan mendukung pemanfaatan sumber gas di luar wilayah Indonesia bagian Barat untuk dimanfaatkan bagi kebutuhan gas bagi Sumatera Bagian Selatan dan Jawa Bagian Barat. Jadi sumber gas bumi yang di olah pada FSRU Lampung ini kebanyakan dari wilayah timur indonesia yang produksi serta cadangan gas buminya masih tinggi.
FSRU Lampung Salurkan 1,1 Juta Meter Kubik LNG Tahun Ini
http://finance.detik.com/energi/3172318/fsru-lampung-salurkan-11-juta-meter-kubik-lng-tahun-ini


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi