Jumat, 16 September 2016

Kemana Saja Gas Bumi PGN ?

PGN telah menyalurkan gas bumi ke berbagai wilayah di Indonesia. Mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, sampai Papua. Untuk apa saja penggunaan gas bumi tersebut?

Di Semarang gas bumi PGN terus berperan untuk menggantikan konsumsi BBM, Melalui infrastruktur pipa gas bumi PT Kalimantan Jawa Gas (KJG) Semarang, guna mencukupi kebutuhan energi baik Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Tambak Lorok, Semarang.

Pasokan gas bumi yang didistribusi ke PLTGU Tambak Lorok Semarang telah menggantikan bahan bakar minyak. Hal ini tentu saja menghemat triliunan rupiah biaya operasi yang harus dikeluarkan PLN tiap tahunnya akibat dari bahan bakar minyak yang terus melonjak nilainya.

Pada tahun 2014 tercatat Ada tiga koridor jaringan distribusi gas bumi Jawa Tengah.
- Koridor I yang meliputi Kendal - Semarang - Demak 48 km)
- Koridor II Wilayah Ungaran 34 km
- Koridor III di wilayah Pekalongan-Solo Raya-Pati 235 km.
Ketiga koridor tersebut merupakan salah satu penopang Ketersediaan energi baik, seperti gas bumi yang tentunya mendorong masuknya investasi dan investor ke berbagai sektor industri hingga saat ini di jawa tengah.

PT PGN Juga bersinergi dengan BUMN lain, contohnya adalah: memenuhi pasokan gas bumi untuk bahan bakar pabrik feronikel milik PT ANTAM (Persero) Tbk di Pomalaa, Sulawesi Tenggara. Pasokan energi baik gas bumi tersebut, membuat ANTAM dapat menurunkan biaya produksi feronikelnya sebesar US$ 1 per 0,4 kg. Atau bisa lah kita katakan bisa hemat untung meningkat.

PT ANTAM juga tengah menyelesaikan pembangunan PLTU kapasitas 2 x 300 MW guna mensuplai fasilitas pendukung pabrik feronikel di Pomalaa. Suplai energi baik dari gas bumi PGN tentu saja merupakan nilai plus tersendiri.

PT PGN hingga saat ini terus melakukan pembahasan secara intensif penyaluran gas bumi ke lokasi-lokasi pembangkit listrik PLN. Contoh: kelangsungan penyaluran gas ke pembangkit listrik Muara Tawar saat ini sedang dibahas.

Pembangkit listrik Muara Tawar sangat penting karena menjadi salah satu sumber kelistrikan yang utama bagi sistem kelistrikan di wi wilayah Jawa-Bali. Suplai gas ke pembangkit listrik Muara Tawar dilakukan PGN sejak tahun 2008 dan akan terus berkelanjutan untuk mendukung program kelistrikan 35.000 MW yang terus dikejar pemerintah saat ini.

Selain hal hal yang terangkum pada catatan di atas, PGN juga telah melakukan distribusi di berbagai sektor, seperti rumah tangga, industri kecil, perhotelan dll. PGN juga masih terus memperluas jangkauan distribusinya melalui pengembangan jaringan infrastruktur gas bumi hingga bisa merata menjangkau wilayah yang belum terjamah.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi
Semoga Sukses Selalu
Sumber data:
http://expostnews.com/ekbis/energi/item/2615-gas-bumi-pgn-gantikan-bbm-pltgu-tambak-lorok-semarang
http://bisnis.liputan6.com/read/2022806/pembangunan-jalur-pipa-gas-jateng-percepat-program-konversi
http://finance.detik.com/energi/3056036/pgn-pasok-gas-bumi-ke-pabrik-feronikel-milik-antam
http://finance.detik.com/ekonomi-bisnis/3182897/pgn-komit-salurkan-gas-ke-pembangkit-pln-muara-tawar

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi