Rabu, 20 Juli 2016

Di Bumi Semarang Gas Bumi PGN Tabuh Genderang Pembangunan

Genderang pembangunan jaringan gas bumi PGN dalam menebar efek energi baik belanjut ke bumi semarang. Pemberitaan menurunnya pertumbuhan ekonomi global, maraknya pemberitaan di sosial media tentang melesunya gairah perekonomian tak menyurutkan semangat dan menurunkan kinerja PGN dalam melaksanakan tugas membangun berbagai fasilitas distribusi gas bumi. Dapat di bilang kabar lesu tak membuat madesu.

Kabar terbaru tentang pembangunan jargas PGN telah termuat di berbagai media. Di antaranya: PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) kembali memperluas infrastruktur jaringan gas bumi di berbagai daerah. Salah satunya, saat ini PGN sedang merampungkan proyek pipa gas di kawasan industri Wijaya Kusuma, Semarang, Jawa Tengah sepanjang 9 km. Dengan bertambah panjang jaringan gas bumi nya maka bertambah pula beban tugas dan tanggung jawab Perusahaan Gas Negara ini. Sebagian besar proyek di Wijaya Kusuma hampir rampung, saat ini pipa sepanjang 5,6 km dengan ukuran pipa 4-6 inchi sudah selesai dibangun. sedangkan sisanya target dalam tahap konstruksi.

Dengan adanya proyek energi baik ini tentunya terus menambah infrastruktur gas bumi yang dibangun dan dioperasikan PGN, dari januari hingga april tahun ini saja, PGN sudah menambah panjang pipa gas bumi di berbagai daerah lebih dari 109 km.
- Di Pasuruan, Jawa Timur, PGN menyelesaikan pembangunan pipa gas bumi di wilayah Kejayan-Purwosari sepanjang 15 kilometer.
- Di wilayah Jetis-Ploso yang berada di wilayah Mojokerto dan Jombang sepanjang 27 km yang dapat memasok gas bumi hingga 65 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). PGN juga menyelesaikan proyek pipa distribusi gas bumi di wilayah Nagoya, Pulau Batam sepanjang 18,3 km.
- Di wilayah Kalisogo-Waru, Jawa Timur sepanjang 30 km Proyek pembangunan jaringan gas bumi PGN pun sedang berlangsung.
Proyek-proyek pipa gas ini dapat dimanfaatkan calon pelanggan seperti industri pakan, food baverage, keramik dll pada kawasan industri baru di sekitar wilayah Sidoarjo, Jawa Timur.

Edy Sukamto sebagai petugas yang menmimpin operasional PGN wilayah semarang memberikan keteranganya seputar proyek tersebut:
- Proyek di kawasan Wijaya Kusuma, akan menambah pengguna gas bumi di Semarang terutama dari kalangan industri.
- Sudah ada 5 calon pelanggan industri baru di Semarang yang siap menikmati aliran gas bumi PGN. Yang lainya tentu mengekor dan terus bertambah.
- infrastruktur pipa gas bumi PGN lainnya di Semarang adalah fasilitas cluster Compressed Natural Gas (CNG) Tambak Aji.
- Infrastruktur ini merupakan hasil inovasi PGN yang tidak harus mengandalkan mulut sumur gas bumi untuk dapat memasok gas bumi ke pelanggan.
- Fasilitas Cluster CNG Tambak Aji sepanjang 9 km sudah beroperasi sejak 2015 dengan dilengkapi dengan Pressure Reducing Station berkapasitas 1.000 meter kubik gas bumi per jam.

Jika kita menyimak beberapa data tersebut tentu saja kita berharap warga masyarakat di bumi semarang juga bisa terkontaminasi dampak energi baik, dari pembangunan jaringan gas bumi itu. Karena dengan adanya fasilitas distribusi yang memadai maka kebutuhan bahan bakar untuk menggerakan roda perekonomian masyarakat akan tercukupi. Tercukupinya kebutuhan energi baik akan membuat hari hari dalam kehidupan kan lebih berseri dan ber energi. Di tambah lagi dengan adanya program tax amnesty dari pemerintahan presiden joko widodo saat ini, tentu membuka peluang bagi masuknya dana investasi yang sebelumnya gentayangan di luar negeri.

Sudah terdapat 8 pelanggan gas bumi PGN bidang industri di Kawasan Tambak Aji dan PGN juga melayani 150 pelanggan Rumah Tangga dengan konsumsi gas sekitar 150 ribu meter kubik per bulan. Bertambahnya fasilitas dari Perusahaan Gas Negara tentu kita harapkan sebagai tabuhan genderang pembanguna di berbagai sektor pada bumi semarang, karena kebutuhan energinya bisa di suplai dengan maksimal.

Secara nasional, PGN telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.879 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.576 industri berskala besar dan pembangkit listrik. Para pelanggan PGN tersebut tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, sampai Papua. Total infrastruktur pipa gas PGN saat ini mencapai lebih dari 7.100 km, ini setara 76% infrastruktur pipa gas bumi hilir di seluruh Indonesia. Ini bukti bahwa PGN terus berkomitmen memperluas jaringan gas bumi di tanah air.

Sumber info http://finance.detik.com/read/2016/06/29/134749/3244878/1034/pgn-perluas-jaringan-infrastruktur-pipa-gas-bumi-di-semarang
Gas Bumi PGN untuk pelestarian lingkungan hidup
Perlu kita pelajari bahwasanya setiap pertambahan kesempatan baru maka akan menjadi pemicu pertambahan kesempatan baik berikutnya. Semoga dampak Energi Baik yang viruskan oleh PGN dapat mewabah memicu semangat bangun nya kreativitas pemuda pemudi indonesia dalam memanfaatkan sumberdaya yang ada. Dengan bijak dan terarah tentunya negara kita di harapkan dapat tumbuh dan berkembang terus. Dari Gas bumi PGN Menuju Indonesia Menjadi Negara Maju yang unggul. Semoga saja,,,.....
Gas Alam dialirkan ke rumah-rumah. Ilustrasi by Mujahid Alawy
Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi
Semoga Sukses Selalu

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi