Sabtu, 04 Juni 2016

Menyambut Puasa 2016

Perusahaan pengelola jaringan distribusi Gas Bumi (PGN), setiap bulan puasa tentu saja tak ketinggalan untuk mengadakan aneka kegiatan yang berhubungan dengan ibadah dan amal. Pada tahun 2012 PGN mengadakan Safari Ramadhan 1433 Hijriah, yang berisikan kegiatan pemberian bingkisan kepada anak yatim dan dhuafa kepada 46 panti asuhan dengan 1.455 anak yang terdapat di wilayah operasi SBU II yaitu Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, dan Pasuruan. Paket itu berupa tas sekolah, sajadah, sarung/mukena, dan uang tunai. Kegian serupa hal ini merupakan kegiatan tambahan yang selalu rutin di lakukan PGN selain melaksanakan pekerjaan rutinya dalam pendistribusian dan perawatan jaringan gas bumi PGN.

Dari tahun ketahun seiring dengan bertumbuhnya infrastruktur jaringan gas bumi yang di bangun PGN tentu saja permintaan akan pasokan gas bumi meningkat. Apalagi di bulan puasa dan menjelang perayaan hari raya besar idul fitri, kebutuhan permintaan gas bumi di sektor rumah tangga dari waktu ke waktu mengalami peningkatan. Di wilayah selama Ramadhan hingga Lebaran 1433 Hijriah konsumsi gas bumi naik sekitar 10-25 persen dibandingkan hari biasanya.  konsumsi gas bumi masyarakat naik terutama industri yang bergerak di sektor makanan, seperti pabrik atau industri rumah tangga yang membuat aneka hidangan sahur dan buka puasa hingga kue lebaran di hari raya.

PGN sampai dengan tahun 2016 ini terus berlanjut menyalurkan gas bumi ke usaha kecil menengah atau UKM dan komersial seperti hotel, rumah sakit hingga mal yang jumlahnya saat ini lebih dari 1.850 pelanggan. Dan sudah tercatat di berbagai berita yang bisa kita dapati bahwa PGN mulai tahun 2016 hingga 2019 menargetkan penambahan 110.000 sambungan gas bumi untuk rumah tangga di berbagai daerah Indonesia.

Bagi yang saat ini sudah terinstal jaringan gas bumi PGN pada dapur rumah tangganya tentu saja bisa dijadikan nilai tambah dalam menyammbut bulan penuh berkah yaitu ramadhan 1437 hijriah ini. Kehawatiran kehabisan gas tabung menjadi hilang bila telah terinstal jaringan PGN. Mungkin diantara kita pernah mengalami ketika ingin menghangatkan hidangan santap sahur, pas mau nyalain kompor gas tapi gas nya sudah habis. Dalam kondisi demikian kita pun terpaksa menuju warung yang menjual gas terkadang walau belum buka kitapun terpaksa membangunkan pemiliknya, karena kebutuhan mendadak tersebut.

Bagi yang sudah menikmati gas bumi PGN di dalam rumah tanganya tentunya sangat bersyukur karena bisa menghemat energi untuk sekedar bolak balik mengisi ulang tabung gas dan menggantinya. Energi tenaga yang biasa di gunakan untuk melakukan rutinitas sedemikian, bisa di hemat dan di gunakan untuk kegiatan lain. Kebutuhan energi untuk rumah tangga yang tercukupi, juga merupakan peluang baru untuk menciptakan aneka hidangan siap saji yang biasa menjadi kebutuhan dan tradisi masyarakat kita setiap datang bulan ramadhan. Jenis variasi hidangan yang bisa di hasilkan tentu saja bisa di jadikan pelengkap keperluan sahur dan berbuka, berbagi dengan para tetangga hingga di komersilkan menjadi usaha sampingan.

Kiprah PGN yang dari puasa ke puasa terus meningkat, serta aneka kegiatan amal serta edukasi masyarakat yang telah di lakukan di waktu waktu sebelumnya, semoga saja bisa dilakukan kembali di bulan puasa tahun ini, dan di tingkatkan efek baik dari energi baik yang ditebarkan perusahaan distribusi dan pengelola gas bumi ini.

Dan tak lupa mari kita doakan untuk kita, saudara kita, para karyawan dan jajaran kerja PGN, dan seluruh umat muslim di manapun, bisa mendapatkan keberkahan dalam melaksanakan aktivitas rutin dan ibadah di bulan yang penuh rahmat ini.

Selamat Menyambut Bulan Puasa 2016 masehi, Ramadhan 1437 Hijriah


http://www.antarajatim.com/berita/92622/pgn%C2%A0siap-penuhi-peningkatan-permintaan-gas-ramadhan
http://wartaekonomi.co.id/read/2016/03/16/93833/pgn-tambah-110000-sambungan-gas-rumah-tangga.html

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Semoga Sukses Selalu

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi