Rabu, 15 Juni 2016

Gas Bumi PGN Hemat Dan Menguntungkan

Energi Baik dari gas bumi PGN banyak sekali memberikan manfaat bagi penggunanya. Beberapa nilai tambah seperti bersih, aman, hasil produksi dalam negeri, dan juga lebih efisien dibandingkan menggunakan bahan bakar lain, membuat gas bumi PGN tentunya di nantikan oleh banyak peminat yang berasal dari rumah tangga, industri hingga ke bisnis transportasi.

PT Agri Timur Mas, yang menjadi produsen pupuk NPK di Gresik, Jawa Timur. Merupakan Salah satu dunia industri yang sudah mendapatkan manfaat spesial dari adanya fasilitas suplai energi baik dari gas bumi PGN. Sejak 2008, perusahaan tersebut menikmati pasokan energi baik gas bumi dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Jadi terhitung sampai dengan tahun ini PT Agri Timur Mas, tercataat sudah delapan tahun pakai gas bumi sebagai bahan bakar untuk produksi pupuk NPK.

Adanya gas bumi sangat membantu PT Agri Timur Mas, dalam menghemat penggunaan bahan bakar, terutama pada 2008-2010 karena harga solar saat itu mencapai Rp 9.000-Rp 10.000 per liter. Dalam setiap proses produksinya, gas bumi yang di butuhkan PT Agri Timur Mas, rata-rata mencapai 280.000 m3. Dengan menggunakan gas bumi yang saat itu harganya hanya sekitar Rp 4.000 per meter kubik, lebih dari 50% penghematannya. Dan dengan penghematan dari penggunaan gas bumi, dalam 8 tahun terakhir ini, PT Agri Timur Mas dapat menghemat sekitar Rp 15,12 miliar.

bisniskeuangan.kompas.com
Beberapa keterangan dan data di atas di ambil dari penjelasan Indra yang berasal dari PT Agri Timur Mas, dan tentun saja yang membuat pihak PT Agri Timur Mas lebih senang lagi, pelayanan yang diberikan PGN juga sangat bagus. Jadi selama 8 tahun tersebut PGN dalam melakukan pengelolaan distribusi serta pemeliharaan jaringan gas bumi PGN, hingga sampai kepada pelanggannya (PT Agri Timur Mas) memberikan catatan dengan predikat puas dan memuaskan. Semoga bisa terus di jaga, di pelihara dan di tingkatkan kualitas pelayanan dari PGN agar BUMN ini bisa terus bertengger menjadi perusahaan yang punya berbagai nilai plus atau nilai jual yang tinggi. 

Dalam keterangan yang beda sumber, Kepala Divisi Komunikasi Korporat PGN, Irwan Andri Atmanto mengatakan, PGN satu-satunya badan usaha di bidang gas bumi yang menyalurkan gas bumi ke hampir seluruh segmen pengguna energi baik gas bumi. PGN akan terus menggenjot penyaluran gas bumi ke berbagai segmen pengguna gas. PGN sudah menyalurkan gas bumi kepada sekitar 22 segmen pengguna gas bumi, mulai dari segmen rumah tangga, industri, komersial, usaha kecil, pembangkit listrik, transportasi dan lainnya.

PGN memiliki komitmen dan target besar yang masih terus di kejar dan di kerjakan, Perusahaan Gas Negara terus memperluas infrastruktur jaringan gas bumi di Indonesia. Dengan total panjang pipa gas bumi PGN lebih dari 7.000 km, Jaringan sepanjang itu kini melayani pelanggan PGN yang tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, sampai Papua.

Dalam berbagai catatan dan juga beberapa berita yang sering kita baca tercatat sampai saat ini, PGN telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.879 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.576 industri berskala besar dan pembangkit listrik. Di sepanjang waktu pada tahun 2015, PGN menyalurkan gas bumi dengan jumlah mencapai 1.591 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Dari penyaluran gas bumi PGN kepada pelanggan tersebut, menciptakan penghematan bagi nasional sebesar Rp 88,03 triliun per tahun.

Produksi gas bumi nasional cukup besar, tidak diimpor atau dihasilkan dari perut bumi Indonesia, sangat sayang sekali bila kita tidak semaksimal mungkin memanfaatkannya, poin inilah yang tentunya menjadi pemicu pemerintah agar PGN terus menambah infrastruktur energi baik, agar target pemerintah dalam hal serapan energi produksi domestik untuk memacu pertumbuhan ekonomi dalam negeri bisa di capai dengan angka yang memuaskan.

http://finance.detik.com/read/2016/05/31/104500/3221620/1034/pakai-gas-bumi-pgn-pabrik-pupuk-ini-sudah-hemat-rp-15-miliar

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi
Semoga Sukses Selalu