Jumat, 24 Juni 2016

Cegah dan Tangkal Korupsi Dari Hendi Prio Santoso Menyuburkan PGN

Upaya direktur utama PGN Hendi Prio Santoso cekal korupsi guna memberantas dan men cekal tidakan korupsi di dalam tubuh PGN nampak membuahkan hasil. PGN yang selama di pimpin oleh direktur utama hendi prio santoso, tidak hanya tumbuh dan berkembang menjadi BUMN yang berkelas, dalam mengelola distribusi energi baik gas bumi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan berbagai upaya cekal korupsi yang dilakukan oleh direktur utama hendi prio santoso ini, PGN menjadi perusahaan yang memiliki tingkat kedisiplinan tinggi. Sehingga berbagai prestasi pun di kumpulkan selama itu.
Besar kapal dan luas samudra yang di arungi, besar pula gelombangnya yang akan di hadapi dan di lalui.  yang artinya kurang lebih “seseorang yang memiliki jabatan tinggi, semakin sulit pekerjaannya”. Dengan begitu, seorang nahkoda harus berhasil berlayar hingga ke tepi, menerjang ombak besar dan hujan badai. Hal ini juga berlaku dengan seorang pemimpin utama, seperti direktur utama PGN Hendi Prio Santoso ini, di pundaknya berisi tanggung jawab besar untuk menggerakan sebuah badan usaha yang diembannya. Salah satunya menciptakan udara dan atmosfer bersih dari korupsi.
Hasil gambar untuk cekal korupsi
Hendi Prio Terapkan Cekal (Cepat dan Tangkal) terhadap Korupsi yang bisa terjadi dan bahkan terbuka banyak celah di dalam perusahaan gas negara. Beberapa hal berikut yang di urai sedikit memberikan kita gambaran tentang upaya apa saja yang sudah di kerjakan oleh Hendi Prio untuk Terapkan Cekal (Cepat dan Tangkal) untuk Korupsi.

~ Hendi Prio Santoso menerapkan budaya zero tolerance corruption atau budaya toleransi nol korupsi dalam memberantas calo gas dalam tubuh perusahaannya sebagai bentuk nyata dari gerakan cekal korupsi.
~ Hendi Prio Santoso membuat PGN menyusun kode etik yang diterbitkan sebagai Kode Etik Karyawan dan Kode Etik Pimpinan. Catatan positif bagi PGN dalam membentuk prosedur dan peraturan terkait dalam interaksi mereka dengan para pemangku kepentingan sudah termuat dalam kode etik ini.

Dari dua kutipan di atas, saya melihat girah pemimpin seperti Hendi Prio dalam menjegal para calo gas dengan budaya toleransi nol korupsinya dalam sebuah kode etik patut diacungin jempol sembari terus diawasi pengimplementasiannya oleh pihak berwenang. Pada titik ini pun, Hendi sebagai personal harus mencontohkan sosoknya yang bersih dari korupsi agar kode etik yang telah dibuat memang bukan hanya disiplin ke bawah tapi juga runcing ke atas.

Kode Etik Karyawan dan Kode Etik Pimpinan ini dengan memberikan panduan praktis tentang cara menangani konflik kepentingan, korupsi, suap, gratifikasi, manajemen informasi dan lain-lain. Melalui kode etik ini pula,” tegas Hendi Prio Santoso. Dengan demikian calo gas tidak akan berkutik dan tidak punya celah untuk menyelusup dan mencampuri bisnis migas, terutama dengan karyawan dan pimpinan PGN.

Apapun usaha yang kita jalankan tentu saja akan menuai hasilnya, setiap target yang di buat harus selalu kita capai hingga menuai kata berhasil, paling tidak mendekati target, syukur-syukur melebihi harapan. Cerminan ini juga yang terlihat dari usaha PGN untuk meraih untung dan penghargaan, seperti pada kutipan catatn berikut ini:
Di tangan Hendi Prio Santoso, PGN menjelma menjadi perusahaan menguntungkan dan terbuka serta transparan. Bayangkan saja:
  * Tahun 2014 PGN mencatatkan pendapatan neto sebesar USD 3,41 miliar naik 13,6 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yaitu USD 3,00 miliar.
  * Laba operasi sebesar USD 982,06 juta naik 5,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yaitu USD 933,35 juta
  * EBITDA sebesar USD 1,16 miliar naik 3,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yaitu USD 1,12 miliar
  * Selama tahun 2014 PGN membukukan laba bersih sebesar USD 722,75 juta.

Tak hanya keuntungan secara materil seperti catatan di atas yang diraih PGN, beberapa penghargaan bergengsi dan jaringan pipa gas yang masih terus dibangun PGN menjadi bukti nyata kerja keras antara atasan, dalam hal ini Hendi Prio Santoso sebagai kemudi dan menjadi corong bagi jajaran karyawannya untuk mengelola dengan baik dan transparan setiap jengkal kebijakan yang diputuskan bagi kesejahteraan rakyat.

Artikel ini bersumber dari
http://emafitriyani.blogspot.co.id/2016/06/hendi-prio-santoso-sosok-bersih-korupsi.html?m=1

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi