Kamis, 03 Maret 2016

Ulasan Singkat seputar Energi Alternatif untuk Energi Terbarukan

Pemerintah saat ini sangat menyadari bahwa kedepan cadangan sumber energi migas yang berasal dari fosil akan segera menipis. pada artikel sebelumnya penulis sempat mengimajinasikan sedikit gambaran bahwa sumber energi seperti migas bisa memper baharui diri secara alamiah, namun hal tersebut membutuhkan waktu yang panjang hingga berjuta tahun lamanya. Menipisanya cadangan sumber energi tersebut membuat pemerintah secara serius mengedepankan program yang dulunya sebagai program energi alternatif kini di genjot untuk menemukan cara terbaik untuk memanfaatkan segala potensi energi alam (energi terbarukan) yang ada agar bisa mencukupi kebutuhan energi kita.

Salah satu program energi terbarukan yang saat ini di canangkan pemerintah adalah mengganti penggunaan BBM ke gas bumi,  PGN menyambut baik program pemerintah untuk konversi BBM ke gas sesuai arahan pemerintah yang dilaksanakan oleh Menteri ESDM  serta regulator terkait. Seperti yang telah ditunjukkan beberapa waktu lalu, bersama pemerintah, PGN dan beberapa stakeholder gas telah menyepakati dalam suatu MoU untuk menyalurkan gas bagi kebutuhan BBG Jabodetabek yang telah ditandatangani pada 23 April 2012 di depan Menteri ESDM. Dalam kesepakatan tersebut PGN turut berkomitmen untuk menyediakan kebutuhan gas bumi sebesar 5 MMScfd.(sumber)

Presiden Joko Widodo, dalam seruanya beberapa waktu yang lalu, menyerukan jajaranya yang bergerak di bidan energi dan lingkungan hidup , untuk memaksimalkan pengolahan sampah agar bisa menjadi satu sumber energi terbarukan dari ratusan sumber energi terbarukan yang bisa di manfaatkan sebagai pengganti BBM.

" Beberapa kota besar di dunia memecahkan masalah pembuangan limbah dengan membakar sampah menjadi uap untuk pemanasan dan pembangkit tenaga listrik. Kirakira terdapat 50 fasilitas seperti itu di Amerika Serikat.
Limbah dapat menghasilkan hampir sebanyak energi yang dikeluarkan batu bara yang dibakar. Batu bara meng- hasilkan energi panas dari 28 – 38 juta joule per kg.
Koran usang yang kering dapat membangkitkan 20 juta joules per kg, sedangkan sisa daging yang dimasak menghasilkan 29 juta joule tiap kg.
Persoalan yang terbesar dari pabrik-pabrik seperti itu adalah polusi udara. Suatu pemecahan yang dipakai oleh sebuah pabrik pembakar sampah di Saugus, Massachusetts, menggunakan alat-alat elektrostatis yang menghapuskan partikel debu dan partikel lain yang keluar dari pipa pembuangan gas dengan memakai daya tarik listrik. sumber "

Pengertian energi adalah kemampuan atau daya untuk melakukan atau menjadikan suatu pergerakan, perpindahan dan perubahan. Dalam beberapa kamus istilah energi sering di artikan sebagai suatu rotasi kemampuan sehingga energi sering di sebut sumber daya untuk mempermudah melakukan proser perubahan alias pertumbuhan suatu mahluk hidup atau juga benda mati. Energi sampai dengan saat ini dianggap tidak dapat di musnahkan tapi energi hanya dapat berubah atau di ubah bentuknya, dari energi diam (benda padat, cair,gas) menjadi energi gerak , panas dll. Untuk saat ini banyak para ahli mecoba membuat serangkaian percobaan guna setiap perubahan energy bisa di manfaatkan untuk menjadi sumber energi baru atau dengan kata lain energi terbarukan.

Setiap perubahan bentuk energi selalu menghasilkan bentuk bentuk energi baru. Bentuk energi baru yang dihasilkan ada yang menimbulkan manfaaat bagi kehidupan manusia ada juga yang menimbulkan bencana serta kerusakan atau malapetaka.

Sebagai satu contoh kita bisa melihat bagaimana sumber energi yang berasal dari zat cair (minyak) mampu menghasilkan energi gerak yaitu pada kendaraan bermotor yang kita lihat. Minyak di gunakan sebagai bahan bakar sebuah kendaraan. Pada proses pembakaran dalam sebuah engine (mesin) minyak di picu oleh  api , untuk menciptakan suatu dorongan agar dapat menggerakan serangkaian thorak dan piston serta sistematik roda mekanis dalam sebuah rancangan mesin untuk menciptakan perubahan energi dalam menggerakan rangkaian roda.

Siklus berulang dan cepat dari setiap pembakaran dalam sebuah engine menghasilkan beberapa bentuk energi berbeda seperti
* setiap proses pembakaran menghasilkan energi panas
* pembakaran dalam ruangan tertutup pada sebuah mesin di manfaatkan untuk menggerakan piston, torak dan bandul dan serangkaian roda roda transmisi. (Energi gerak)
* setiap proses pembakaran menghasilkan oksidan (gas buang hasil oksidasi) ini di angap sebagai suatu polutan atau energi negatif yang membawa dampak buruk bagi lingkungan.
 rangkaian perputaran transmisi di manfaatkan untuk menggerakan turbin atau putaran sebuah roda untuk pembentukan energi baru
* pada kendaraan bermotor energi yg di hasilkan di manfaatkan untuk menggerakan roda sebagai alat bantu transfortasi kita
- sebagian putaran transmisi di manfaatkan untuk menggerakan kumparan alias lilitan kawat yg berada dalam sebuah medan magnet untuk menciptakan energi listrik . energi listrik tersebut menjadi sumber untuk penerangan dan pengoperasian beberapa perangkat elektronik yang hampir setiap kita berada di kendaraan yang di gunakan kita melihatnya.
- sebagian lagi di simpan dan di gunakan secara berulang untuk menjadi pemicu suatu proses pembakaran (lihat batrai dan busi)


* gerakan atau laju sebuah kendaraan menghasilkan energi baru yaitu angin. Setiap benda yang bergerak menghasilkan angin ber lalu semakin cepat maka semakin kencang pula anginya. Kecepatan angin pada sebuah laju kendaraan sebetulnya menyimpan potensi energi terbarukan, hanya saja untuk saat ini para perancang kendaraan belum menemukan teknologi yang efektif untuk memanfaatkanya.
- untuk mengenal konsep angin lebih dalam silakan tanya ke tukang tambal ban terdekat, karena mereka adalah penguasa manfaat konsep angin yang telah berhasil mendapatkan manfaat dari ilmu tentang angin.
Sedikit pengetahuan tentang angin menurut pengetahuan terbatas dari penulis.
 * angin bersipat menekan ke segala arah. Kumpulan dari angin menghasilkan medan energi yang mampu memberikan kesejukan (kipas angin) hingga ke hancuran (badai angin)
 *secara alamiah rotasi bumi mengelilingi matahari dan berputar pada sumbunya menghasilkan angin juga. Pergerakan kumpulan angin pada permukaan laut menuju daratan sering di sebut angin laut dan sebaliknya dari daratan menuju ke laut di sebut angin darat. (Kalo ngga salah sih begitu)

Kumpulan angin darat dan angin laut seringkali bertemu pada suatu lokasi dalam jumlah kecil dan besar. Dalam jumlah kecil biasanya di sebut angin puyuh , dan pada skala besar di kenal kita dengan sebutan angin ribut (kira kira seperti dua kelompok demo yang lagi bentrok) atau nama lainya tornado, topan, badai dll

Angin ternyata bisa di kumpulkan . kumpulan angin dalam suatu wadah tertutup menimbulkan suatu tekanan. (Coba sesekali tengok tabung kompresor tambal ban, lalu perhatikan apa yang terjadi)

Sabda tuhan yang tersirat di alam mengenai energi yang setiap kita rasakan sepanjang waktu sejak dulu masa hingga waktu terkini

Lahir
Tumbuh
Menimbulkan benih baru
Lalu kembali


Hal hal tersebut di alami setiap mahluk hidup.
Dan juga hal tersebut tidak semua kita bisa membacanya sebagai kode alam (sabda Tuhan) yang tersirat dan belum tepecahkan, sehingga sampai dengan saat ini belum ada suatu bentuk mesin (alat bantu) yang menggunakan konsep siklus hidup untuk menciptakan suatu produk untuk energi terbarukan, dari serangkaian siklus tsb.


Ilmu pengetahuan manusia bersipat terbatas dan berubah ubah. setiap teori dan pakem alias rumus pengetahuan yang pernah ada, selalu bergantikan dengan teori dan ketentuan baru seiring di temukanya fakta baru yang bersumber dari penelitian dan pengkajian yang setiap detak waktu berjalan terjadi. Akan ada masanya dimana suatu hal yang saat ini di jadikan lelucon menjadi suatu fakta dan ketentuan yang bermanfaat bagi kehidupan kita sekarang atau generasi cerdas di masa waktu yang akan datang . Boleh percaya boleh tidak



Bersambung....... (..)(..)


Tulisan Ini Disumbangkan Untuk Jadi Artikel Situs Si-Nergi

Semoga Sukses Selalu

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi