Selasa, 01 Maret 2016

Mengintip potensi energi alternatif untuk energi terbarukan di indonesia

Masih banyak potensi energi alternatif untuk sumber daya energi terbarukan yang belum di manfaatkan. Potensi yang ada tersebut jika tidak mulai dari sekarang di eksplorasi maka masa depan kita akan mengalami krisis energi. hal ini di sebabkan oleh tingkat kemajuan kita sekarang semakin bertumbuh. seiring dengan pertumbuhan kemajuan teknologi dan pola pikir bangsa indonesia sekarang maka konsumsi energi akan bertambah pula.

Hukum atau konsep kekekalan energi, pada saat candangan sumber energi posil menipis, kini saat yang tepat untuk di telaah lebih dalam oleh para peneliti di dunia termasuk di indonesia. Beberapa tahun ini kita sering mendengar wara wiri konseptor dan yang mengemukakan ragam pendapat tentang potensi alam yang ada di indonesia agar bisa di aplikasikan memenuhi kebutuhan konsumsi energi dalam negeri sebagai energi terbarukan untuk menggantikan sumber daya fosil yang mulai menipis.

Sadar pada saat potensi sumber daya alam sisa hasil fosil dan mineral bumi yang mulai menipis, pemerintah indonesia sudah mulai mencanangkan program program untuk menemukan konsep terbaik energi terbarukan, hal ini di lakukan sebagai antisipasi krisis energi yang pasti akan di alami jika kita tidak menemukan solusi atas masalah energi yang ditemui. Berbagai upaya pun di tempuh untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada di negeri kita. 

Mari kita simak beberapa langkah langkah keseriusan pemerintah dalam menggali potensi sumber energi terbarukan dan pemanfaatanya dari beberapa berita berita berikut ini : 
"Kabar gembira bagi pengembang, badan usaha, maupun investor panas bumi. Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) sedang merancang peraturan pemerintah (PP) mengenai pemanfaatan tidak langsung panas bumi untuk listrik http://industri.kontan.co.id/news/pemerintah-bikin-terobosan-untuk-energi-terbarukan"

"Dalam banyak aspek, pemerintahnya serius. Ada perencanaan dan program yang jelas, terukur, tidak ganti pemerintahan lalu ganti kebijakan," Belajar Garap Energi Terbarukan dari India http://kom.ps/AFuRXR

Potensi arus laut di indonesia bisa mencapai 45,000 mw, sampai saat ini belum ada aturan tentang pendaya gunaanya walaupun ada tantangan tersendiri dalam membangun beberapa sektor ini. (Penggunaan Energi Terbarukan Dukung Kelestarian Lingkungan http://brt.st/517B @beritasatu)

Jokowi Minta Aturan Pengolahan Sampah Jadi Energi terbarukan Disederhanakan @metro_tv http://metrotvn.ws/B198650  Presiden Joko Widodo meminta regulasi pengelolaan sampah menjadi energi listrik disederhanakan. Mengingat capaian target energi baru dan terbarukan (EBT) pada 2025 sebesar 23 persen. “Saya melihatnya di lapangan, sampahnya banyak, yang mau menyelesaikan banyak, tetapi aturannya yang menyulitkan,” kata Presiden dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (7/12/2015)


Banyak sekali sebetulnya potensi alam yang ada di indonesia yang bisa di manfaatkan secara masal dan berkelanjutan di masa masa mendatang. pemanfaatan sumber sumber energi terbarukan sebetulnya sudah berjalan namun hanya dalam skala kecil dan juga masih dalam proses penelitian dan perumusan hitungan untung rugi dalam melakukan pengembangan agar bisa di kerjakan dalam skala nasional. 

POTENSIAL, adalah suatu kelebihan yang jika di kembangkan lebih maju lagi akan dapat bermanfaat bagi orang banyak. namun jika kata ini di pecah menjadi 2 kata maka 
POTEN = daya
SIAL = nasib buruk alias apes
(jangan serius banget ya)
"fokus dalam mengerjakan suatu rancangan adalah penentu kesuksesan akhir target" dan sebaliknya

Mari kita intip dulu beberapa potensi yang ada berikut ini
1. Api Tak Kunjung Padam Pamekasan Madura


https://www.youtube.com/watch?v=vStDNvSNraU

Api tak kunjung padam ini merupakan api abadi yang tidak pernah padam meski diguyur hujan lebat sekalipun. bukan berarti api ini akan tetap hidup di waktu hujan, melainkan mati apabila hujan dan akan menyala kembali setelah hujan berhenti. Nyala api tak kunjung padam ini berada di dalam lingkaran pagar, jadi warga sekitar tidak perlu takut api ini akan menjalar ke rumah mereka. jika tanah disekitar titik api ini digali maka akan timbul nyala api yang besar berwarna biru seperti pada kompor gas dan bertekanan udara.
https://www.youtube.com/watch?v=ohsyx0U7NdM

2 Ada Pembangkit Listrik Tenaga Angin Di Daerah Terpencil Indonesia



Pembangkit Listrik Tenaga Angin di Palindi, Kab. Sumba Timur, NTT, Indonesia.

3 Pembangkit Listrik Tenaga Air Selokan




4.  nah yang ini yang perlu di teliti lebih lanjut pembangkit listrik tenaga gravitasi
 

03 august 2011, percobaan pertama pembangkit listrik tenaga gravitasi
dari buaran untuk dunia

5. energi matahari



6 . bahkan hal hal konyol sekarang ini pun bisa saja menjadi suatu hal yang sangat bermanfaat di masa masa mendatang



Dari kekonyolan kekonyolan yang terjadi terkadang tersimpan ilmu yang terselubung yang dapat terbaca dan di manfaatkan oleh orang orang tertentu yang daya tangkap penglihatan dan pencernaan imajinasinya berada di atas rata rata
Energi terbarukan adalah sumber energi yang cepat dipulihkan kembali secara alami, dan prosesnya berkelanjutan. Energi terbarukan dihasilkan dari sumberdaya energi yang secara alami tidak akan habis bahkan berkelanjutan jika dikelola dengan baik. Energi terbarukan kerap disebut juga sebagai energi berkelanjutan (sustainable energy).Konsep energi terbarukan mulai dikenal di dunia pada era 1970-an. Kemunculannya sebagai antitesis terhadap pengembangan dan penggunaan energi berbahan fosil (batubara, minyak bumi, dan gas alam) dan nuklir. Selain dapat dipulihkan kembali, energi terbarukan diyakini lebih bersih (ramah lingkungan), aman, dan terjangkau masyarakat. Penggunaan energi terbarukan lebih ramah lingkungan karena mampu mengurangi pencemaran lingkungan dan kerusakan lingkungan di banding energi non-terbarukan.
http://alamendah.org/2014/09/09/8-sumber-energi-terbarukan-di-indonesia


Tulisan Ini Disumbangkan Untuk Jadi Artikel Situs SI-NERGI


Semoga Sukses Selalu

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi