Rabu, 30 Maret 2016

Khabar baik dari FSRU Lampung dan Perusahaan Gas Negara Menjawab Kebutuhan Energi Masyarakat

Sekitar 1,1 juta meter kubik LNG akan di salurkan Perusahaan Gas Negara Melalui FSRU Lampung (Floating Storage and Regasification Unit). Ini merupakan momentum penting bagi masyarakat untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi sebagai energi baik yang efisien dan ramah lingkungan. Penggunaan Gas Bumi ini tentunya diharapkan mencukupi kebutuhan juga dapat meningkatkan daya saing dan produktifitas industri, sehingga sektor ekonomi masyarakat di Lampung akan tumbuh semakin tinggi.

Pada kegiatan Perusahaan Gas Negara sebelumnya Gubernur Lampung Ridho Ficardo sempat menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah, pelaku usaha dan seluruh stakeholder lain, sehingga upaya PGN untuk meningkatkan penggunaan gas bumi di Lampung dapat terwujud. Perusahaan Gas Negara berkomitmen untuk mendukung upaya konversi energi ke gas bumi karena akan memberikan nilai tambah lebih besar kepada industri dan masyarakat. salah satu wujud nyata atas komitmen tersebut yaitu FSRU Lampung menyalurkan 1,1 juta meter kubik LNG mulai dari april hingga akhir tahun ini.

Ada beberapa Industri yang menerima aliran gas dari PGN FSRU Lampung. Beberapa industri tersebut adalah
PT Coca Cola Amatil Indonesia
PT Garuda Food Putra Prima
PT Nestle Indonesia
Novotel Lampung
PT Bumi Menara Internusa
PT Tunas Baru Lampung
PT Gizi Utama
PT Japfa Comfeed
PT Philips Seafood
Hotel Sahid Bandar Lampung
PT LDC Indonesia
PT Aman Jaya Perdana
Hotel Aston Lampung
Golden Dragon
dll dst
Selain industri dan listrik, PGN FSRU Lampung tentu juga mengalirkan gas ke Lampung untuk sektor rumah tangga dan usaha kecil menengah (UKM). Untuk menghubungkan sumber gas dari PGN FSRU Lampung ke berbagai sektor di Lampung itu, PGN telah merampungkan pembangunan jaringan distribusi ke titik sasaran. manteb kan,..


PGN FSRU Lampung merupakan salah satu FSRU terbesar di dunia. FSRU adalah sebuah kapal yang dilengkapi fasilitas penampung LNG (gas alam cair) dan peralatan yang mampu merubah LNG dari bentuk cair ke bentuk gas (proses regasifikasi) untuk kemudian disalurkan ke konsumen melalui jaringan pipa gas. Sumber pasokan FSRU Lampung dalam tahap awal berasal dari Kilang LNG Tangguh Papua maupun kilang lainnya. Pembangunan PGN FSRU Lampung merupakan bagian integral dari Proyek Gas Bumi Terintegrasi Indonesia yang sedang dibangun dan dikembangkan oleh PGN. FSRU Lampung diintegrasikan dengan jaringan pipa transmisi dan distribusi sehingga dapat dipergunakan secara luas oleh semua sektor industri, rumah tangga, UKM listrik dan transportasi di berbagai daerah. Mulai dari Lampung sendiri, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta. Fasilitas Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) Lampung, yang dikelola PT PGN LNG Indonesia, anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN), April tahun ini akan menerima kargo dan menyalurkan 8 kargo atau setara 1,1 juta meter kubik gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG).

http://www.tribunnews.com/bisnis/2016/03/24/tahun-ini-fsru-lampung-salurkan-11-juta-meter-kubik-kargo-lng
http://esdm.go.id/berita/40-migas/6857-mulai-agustus-fsru-lampung-salurkan-gas-ke-industri.html



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Semoga Sukses Selalu

Sinergi

Sinergi
Seputar Informasi Energi